Suasana Haru di Pemakaman Gogon Srimulat

Oleh Ade Kurniawan pada 16 Mei 2018, 16:53 WIB
Pemakaman Pelawak Gogon

Bintang.com, Jakarta Keluarga, sahabat serta pelayat ikut mengantarkan pelawak Srimulat, Margono alias Gogon Srimulat ke persitirahatan di tempat pemakanan umum (TPU), desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Rabu, (16/5/2018).

Sebelum dibawa ke tempat peristirahatan terakhir, ratusan pelayat memadati rumah duka di kawasan Pengging, Boyolali, Jawa Tengah. Tampak hadir beberapa rekan artis seperti Tukul Arwana, Cak Diqin, Endah Laras, Pangsit Anjasmara eks personel Timlo, dan lain-lain.

Bahkan, Tukul Arwana juga memberikan salam pelepasan untuk almahrum Gogon. "Semua makhluk akan kembali kepada Sang Pencipta. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," kata Tukul Arwana yang mewakilkan keluarga almahrum.

Dalam kesempatan itu, Tukul mengatakan komunitas pelawak sangat kehilangan dengan meninggalnya Gogon Srimulat usai pentas di Lampung. Untuk itu, pihaknya mendoakan supaya almarhum khusnul khatimah dan amal ibadah Gogon diterima disisi-Nya.

"Kami sekeluarga seniman sangat berduka dengan kepergian Mas Gogon. Semoga keluarga yang ditinggalkan tabah dan mendapatkan kekuatan,amin," kata Tukul Arwana.

1 of 3

Isak tangis iringi jenazah Gogon

Pemakaman Pelawak Gogon
Komedian Tukul Arwana memberikan sambutan untuk penghormatan terakhir kepada Gogon d rumah duka, Rabu (16/5).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Setelah sambutan atau pelepasan, tokoh agama langsung membacakan doa sebelum jenazah diberangkatkan ke tempat pemakaman umum menggunakan mobil ambulans.

Iring-iringan pelayat juga terlihat dari rumah duka hingga ke tempat peristirahatan terakhir Gogon Srimulat. Isak tangis pun terlihat di area pemakanan ketika jenazah akan dimasukan ke liang lahat. Keluarga dan kerabat terdekat tampak meneteskan air mata.

"Saya enggak sempat menuntun beliau saat sakaratul maut," kata anak sulung, almahrum Gogon, Ari Mustika.

2 of 3

Doa untuk Almahrum Gogon

Pemakaman Pelawak Gogon
Pelayat terlihat menangis saat mengantar pemakaman Gogon di tempat pemakaman umum ukur Ireng.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Meskipun telah tiada, sosok almahrum Gogon Srimulat pasti akan dikenang karena lawakan serta rambut jambul dan kumis yang khasnya itu. Bahkan, Cak Digin menilai bahwa sosok almahrum merupakan seniman yang kreatif.

"Semoga pekerjaanmu yang selama ini membuat orang tertawa menjadi amal baik yang akan menempatkanmu di surga," kata penyanyi sekaligus pencipta lagu campursari itu.

Lanjutkan Membaca ↓