Ardina Rasti Siraman Pakai Air Zam Zam

Oleh Anto Karibo pada 20 Jan 2018, 12:06 WIB
[Bintang] Ardina Rasti

Bintang.com, Jakarta Acara siraman telah dilangsungkan dengan baik oleh Ardina Rasti sebelum menjalani pernikahan pada Sabtu, 20 Januari 2018. Acara tersebut dilakukan di The Lodge-Jagorawi Golf Club, Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/1/2018).

Mengenakan kemben dari kain batik, Ardina Rasti diguyur dengan air yang berasal dari 9 mata air. Air ini didapatkan dari beberapa sumber di kota berbeda seperti sumur di masjid Sunan Kudus, sumur RA Kartini, juga sumur keraton Surakarta.

 

[Bintang] Ardina Rasti
Pada pernikahan Ardina Rasti, ada tamu khusus datang dari keraton Mangkunegaran. Saat acara siraman, sembilan meja di siapkan untuk kerabat keraton dari Surakarta tersebut. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Menjadi istimewa karena salah satu air yang disiramkan ke tubuh Ardina Rasti berasal dari mata air Zam-zam di kota Mekkah. Bagi umat Islam, air Zam-zam memiliki keistimewaan.

Ardina Rasti sendiri terlihat menahan dingin di sebuah tempat duduk berhiaskan bunga merah muda dan putih. Sesuai dengan tradisi Jawa, mempelai wanita menerima siraman air dari orangtua dan 7 sesepuh atau orang yang dituakan dalam keluarga.

 

[Bintang] Ardina Rasti
Ardina Rasti melepas masa lajang hari ini Sabtu, 20 Januari 2018. Akad nikah dan resepsi dilangsungkan di The Lodge-Jagorawi Golf Club, kawasan Bogor, Jawa Barat. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Usai menjalani proses siraman, Ardina Rasti pun digendong oleh orangtuanya. Lalu, rangkaian acara dilanjutkan dengan dodol dawet. Dalam prosesi ini, orangtua Ardina Rasti berjualan dawet untuk para keluarga dan sanak kerabat yang hadir.

Ketika orangtua mempelai wanita berjualan dawet mengandung makna memberi contoh bagaimana nantinya mencari nafkah sebagai suami istri. Para tamu yang hadir pun terlihat senang ketika berkesempatan mencicipi dawet yang dijual oleh Erna Santoso dan suami.

Sebelumnya, Ardina Rasti melakukan acara pengajian. Mereka juga mengundang anak-anak yatim dan jamaah pengajian. Mereka melantunkan ayat suci Alquran dan memanjatkan doa agar akad nikah serta resepsi Ardina Rasti dengan Arie Dwi Andika bisa berjalan lancar.