Libur Pilkada Jakarta Putaran 2, Kartini Tayang 19 April 2017

Oleh Puput Puji Lestari pada 24 Mar 2017, 23:42 WIB
Dian Sastrwardoyo dalam film Kartini

Bintang.com, Jakarta Libur saat pilkada putaran 2 mempengaruhi penayangan film Indonesia. Film Kartini diputar lebih awal dari tanggal yang direncanakan karena libur pilkada. Seharusnya, Kartini ditayangkan 20 April namun dimajukan menjadi 19 April 2017.

Film yang disutradari oleh Hanung Bramantyo ini memberikan sosok lain Kartini dari fase anak-anak. Sejak umur 4 tahun Kartini tidak boleh tidur bersama Ibu kandungnya hanya karena Ibunya bukan seorang Bangsawan. Ayahnya harus menikahi perempuan Bangsawan untuk bisa menjabat sebagai Bupati Jepara.

Anak-anak perempuan sang Bupati kelak harus menjadi seorang Raden Ajeng, yaitu Perempuan yang disiapkan menjadi isteri Bangsawan. Tidak peduli menjadi isteri pertama, kedua maupun ketiga. Kartini, anak perempuan pertama dari Ngasirah dan RM Sosroningrat menolak takdir itu.

Baginya Perempuan punya hak atas tubuh dan masa depannya sendiri. Bersama Kardinah (adik kandungnya) dan Roekmini (adik dari Isteri Ayahnya yang lain) Kartini melakukan perlawanan atas budaya yang meletakkan perempuan hanya sebagai perhiasan laki-laki.

"Panggil aku Kartini saja, tak perlu dengan embel-embel Raden Ajeng," kata Kartini kepada masyarakat Jawa yang mengekangnya. Hal tersebut ditunjukkan dalam trailer.

Film Kartini

Menurut Robert Ronny, Produser film tersebut mengatakan jika trailer yang diluncurkan kali ini merupakan penyempurnaan dari teaser yang sebelumnya diluncurkan pada Juli 2016 lalu.

"Ini official trailer Kartini, kalo yang sebelumnya baru teaser saja. Yang ini tone-nya berbeda dengan teaser yang pertama kita luncurkan," ucap Robert Ronny di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Dengan penggarapan yang cukup matang, terlebih riset yang cukup mendalam dalam proses penggarapan, Robert Ronny mengatakan jika film Kartini yang diproduksi oleh Legacy Pictures tersebut akan berbeda dari film biopik yang sebelumnya pernah ditayangkan.