Batasan Minum Kopi yang Wajar dan Sehat

Oleh henryhens pada 28 Mar 2017, 17:40 WIB

Bintang.com, Jakarta Minuman yang satu ini memang banyak disukai segala kalangan. Apalagi kalau bukan kopi. Kopi mudah dijumpai dimana saja. Kopi tersedia di warung sampai kafe atau dibuat sendiri di rumah. Selera orang dalam menyajikan kopi termasuk beragam.

Ada yang suka mencampurkan kopi dengan gula, susu atau yang lainnya. Tapi ingat, sekalipun bermanfaat bagi kesehatan tubuh, bukan berarti kita bisa mengonsumsi kafein dalam jumlah terlalu banyak. Beberapa orang justru merasa gelisah karena konsumsi berlebihan itu.

Coba perhatikan tubuh kamu, kalau kamu cenderung merasa gelisah, cobalah mengatur banyaknya asupan minuman berkafein harian kamu. Seperti dilansir dari antaranews, ahli kesehatan merekomendasikan hanya 400 miligram kafein per harinya atau setara empat cangkir kopi.

Sejumlah efek positif konsumsi kopi antara lain mengurangi risiko munculnya penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe-2. Satu hal lagi, kalau kamu sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup namun masih merasa lelah, sebaiknya konsultasikanlah pada dokter.

Hal ini demi menyingkirkan masalah medis yang mungkin menyertai, salah satunya gangguan tiroid. Jadi, minumlah kopi dalam porsi yang pas dan tak berlebihan agar tubuh kita tetap sehat.

Tag Terkait

Berita Terkait