3 Makanan Ini Nggak Boleh Bumil Konsumsi pada Trimester Pertama

Oleh Karla Farhana pada 12 Jan 2018, 16:32 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Menggendong Anak Balita? (Natalia Deriabina/Shutterstock)

Bintang.com, Jakarta Setiap Ibu hamil (bumil) memiliki perubahan yang berbeda-beda pada tubuhnya. Mulai dari mual-mual, ngidam, hingga pola makan. Sebagian ibu hamil jadi ogah makan pada trimester pertama karena mual-mual. 

Sementara bumil yang lain jadi malah semakin doyan makan, lho! Di luar dari makanan yang mereka idamkan, sebagian bumil nggak kuat menahan godaan untuk selalu ngunyah. 

Meskipun sebenarnya nggak masalah selama berat badan bumil masih dalam keadaan wajar, tapi bumil harus tetap waspada. Soalnya, banyak makanan yang bumil makan tapi sebenarnya nggak baik buat janin dan kesehatan bumil sendiri. 

1 of 4

Telur Setengah Matang

Terungkap, Ternyata Ini Perbedaan Telur Ayam Cokelat dan Putih
Pernahkah Anda bertanya-tanya apa perbedaan antara kedua jenis telur ini?

Telur itu memang kaya dengan vitamin dan omega-6. Tapi, bumil harus hati-hati saat makan telur. Pastikan, tulis Essential Baby, telur yang bumil makan benar-benar matang. 

Telur mentah atau setengah matang sebaiknya bumil hidari. Demi menghindari adanya virus, bakteri, atau mikroba jahat lain yang masuk ke dalam tubuh. 

2 of 4

Sushi

Terlihat Sehat, Ternyata Sushi Bisa Merusak Diet
Terlihat Sehat, Ternyata Sushi Bisa Merusak Diet

Bumil penggemar sushi? Aduh, kalau bisa, lebih baik nggak makan sushi dulu selama hamil. Boleh, sih asal kamu pilih sushi yang isinya ikan yang sudah matang. Bukan ikan mentah. Sama seperti telur mentah, ikan yang belum dimasak sama sekali bisa saja membawa banyak penyakit atau virus yang bisa mengganggu kesehatan bumil dan janin. 

3 of 4

Steak

[Bintang] Steak Wagyu
Steak Wagyu. foto: Snake River Farms

Begitu pun dengan steak. Daging merah yang kurang matang dikhawatirkan membawa bakteri atau virus. Apa lagi kalau daging itu kualitasnya rendah dan nggak segar.

Lanjutkan Membaca ↓