Aduh, Kenapa Payudara Nyeri Saat Haid?

Oleh Karla Farhana pada 11 Jan 2018, 13:16 WIB
Infeksi Payudara

Bintang.com, Jakarta Selama masa PMS atau haid hari pertama, cewek pasti nggak mau payudaranya tersenggol. Bukan, ini bukan cuma perkara lagi bad mood karena mau dapet doang. Tapi, kebanyakan cewek akan merasa nyeri pada payudaranya beberapa hari sebelum datang bulan. 

Memang nggak semua cewek merasakan ini. Soalnya gejala haid setiap cewek nggak sama, kan? Tapi, payudara yang nyeri ini kadang mengganggu juga, lho! Jangankan kesenggol orang lain, kadang payduara tetap terasa nyeri pada saat kamu berjalan atau turun tangga. 

Dari pada ngeluh terus setiap kali kamu PMS, mendingan cari tahu kenapa payudara bisa nyeri. Dilansir dari Health Line, ternyata, sebelum kamu mens, tingkat hormon yang ada dalam tubuhmu nggak tetap. Inilah yang menyebabkan kadang payudara agak membengkak dan sangat sensitif. 

Selama sikluk menstruasi, hormonmu naik-turun. Selain itu, adanya hormon estrogen menyebabkan saluran pada payudara membesar. Sementara, produksi hormon progresteron di siklus ini menyebabkan kelenjar susu membengkak. 

Kedua hal inilah yang biasanya menyebabkan payudara terasa sakit sebelum atau pada hari pertama haid. Jadi, kamu nggak perlu khawatir. Memang nggak nyaman, sih. Tapi dibawa enjoy saja, ya!