Pegal Linu, Ini 6 Jenis Pijat yang Bikin Kamu Sehat Kembali

Oleh Karla Farhana pada 13 Okt 2017, 19:19 WIB
Kiat Efektif Atasi Pegal saat di Kantor

Bintang.com, Jakarta Di zaman sekarang, nggak banyak anak muda yang masih suka dipijat kalau merasa pegal-pegal di seluruh tubuhnya. Padahal, pijat bukan cuma sekadar pengobatan tradisional yang nggak akan ada efek samping akibat bahan kimia. 

Pegal-pegal pada seluruh badan ini juga kadang disebut dengan pegal linu. Ya, itu artinya, rasa pegal nggak cuma pada paha, punggung, atau tangan. Tapi benar-benar seluruh badan. 

Dilansir dari Liputan6, banyak penyebab kenapa kamu bisa merasakan pegal di seluruh badan. Salah satunya, kandungan mineral yang ada di tubuhmu nggak seimbang. 

Kalau kamu pergi ke dokter, mungkin kamu akan diberikan obat kimiawi untuk menanggulangi masalah ini. Biasanya, dokter akan memeriksa apa yang jadi penyebab pegal linu yang kamu miliki. Kalau memang benar karena keseimbangan mineral, dokter akan mengatasinya. 

Tapi, nggak semua orang ingin datang ke dokter karena merasa pegal-pegal, kan? Nah, kamu sebenarnya bisa meminta orang yang ahli untuk memijat tubuhmu, agar tubuhmu terasa lebih nyaman. Pijat pegal linu nggak sembarangan, lho! Ada 6 macam pijat yang bisa menghilangkan pegal linu. 

1 of 6

Pijat Swedia

Pijat Efektif Bagi Kesehatan Hati?

Pijat paling sederhana dan paling sering digunakan banyak tukang pijat kesehatan. Dengan metode ini, otot-ototmu akan menjadi releks dan nggak kaku. 

2 of 6

Shiatsu

Pijat melepaskan hormon syaraf oksitosin yang mengurangi stress dan kecemasan sehingga membantu seseorang merasa lebih terhuhung dengan orang lain. (Sumber marinerscross.com)

Pijat ini menggunakan metode tekanan pada jari dan telapak tangan. Dengan metode tekanan ini, aliran darahmu akan menjadi lebih lancar  dan juga menciptakan energi yang seimbang. 

3 of 6

Refleksiologi

Mengatasi Stres dengan Pijat Refleksi

Pijat ini juga kerap disebut dengan pijat telapak kaki. Metodenya adalah dengan menotok atau menstimulasi titik saraf yang ada pada telapak kaki. Kekuatan totokannya beragam. Pada titik tertentu, mereka akan menotok lebih dalam dan keras. 

4 of 6

Pijat Ibu Hamil

Foto: Ilustrasi (babycenter.com)

Ibu hamil memangnya boleh dipijat? Boleh, asal menggunakan metode khusus. Metode pijat ibu hamil membantu mengurangi stres, bengkak pada tangan dan juga kaki, nyeri otot dan juga sendi. 

5 of 6

Pijat Olahraga

Jenis-jenis Pijat untuk Penderita Pegal Linu

Buat kamu yang suka olahraga, kamu pasti butuh pijat ini. Pijat olahraga bisa dilakukan sebelum, selama, atau sesudah olahraga. Pijat olahraga menggabungkan beberapa teknik pijat. Tujuannya untuk menghilangkan rasa pegal dan juga sakit akibat cedera. 

Lanjutkan Membaca ↓