Catat! Ini Cara Pendaftaran dan Jadwal Tes SBMPTN 2018

Oleh Lanny Kusumastuti pada 13 Jan 2018, 15:30 WIB
Ilustrasi tes CPNS (3)

Bintang.com, Jakarta SBMPTN 2018 menjadi salah satu momen paling ditunggu, khususnya bagi para lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain melakukan berbagai persiapan agar bisa lolos, kamu juga harus memenuhi berbagai persyaratan dan mengetahui jadwal pasti pelaksanaan SBMPTN 2018.

Melansir situs resmi SBMPTN 2018 yang diluncurkan kemarin (12/1/2018), pelaksanaan seleksi akan menggunakan beberapa sistem yaitu Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan calon Mahasiswa.

Nantinya pelaksanaan seleksi UTBC dan UTBK juga Ujian Keterampilan akan dilaksanakan pada waktu berbeda. Khusus untuk kamu yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti Ujian keterampilan.

Terkait pendaftaran, syarat, biaya dan jadwal pelaksanaan seleksi SBMPTN 2018, berikut adalah informasi lengkapnya.

1 of 4

Pendaftaran SBMPTN 2018

Sekolah yang Bisa Kamu Daftari Setelah Terima Hasil UN SMP 2015
Begini cara daftar SBMPTN 2018. (Ilustrasi: Liputan6)

Pendaftaran SBMPTN 2018 bisa kamu lakukan secara online mulai tanggal 29 Maret 2018. Untuk perndaftarannya kamu bisa mengisi formulir SBMPTN 2018 dengan mengunduhnya melalui link berikut: http://download.sbmptn.ac.id.

Perlu dicatat, pendaftaran online UTBC dan UTBK akan mulai tanggal 5 April 2018 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 27 April 2018 pukul 22.00 WIB. Kamu harus melakukannya dengan cepat ya, karena pendaftaran online UTBK akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi.

2 of 4

Jenis Ujian SBMPTN 2018

1. Ujian Tulis. Ujian ini akan dilaksanakan dengan dua metode, yaitu Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Berbasis Komputer (UTBK).

Materi Ujian Tulis terdiri atas:

a. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) terdiri atas mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural.

b. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika.

c. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

 

ujian-ilustrasi-131214b.jpg
Ilustrasi (Sumber foto: Liputan6)

2. Ujian Keterampilan (UK). Ujian ini ditujukan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan keolahragaan yang seleksinya terdiri atas:

a. UK Seni Rupa, Kriya, dan Desain berupa Tes Menggambar, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan. Soal tes dibedakan dalam 3 (tiga) kategori sesuai bidang studi yaitu UK Seni Rupa, UK Kriya, dan UK Desain.

b. UK Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas, Imitasi Gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara).

c. UK Musik, Seni Karawitan dan Etnomusikologi berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara). Soal tes dibedakan dalam 2 (dua) kategori sesuai bidang studi yaitu UK Musik atau UK Seni Karawitan dan Etnomusikologi.

d. UK Teater dan Seni Pertunjukan berupa Tes Praktik Monolog, Tes Pantomim/Baca Puisi, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara)

e. UK Fotografi, Film dan Televisi yang dibedakan dalam 2 (dua) kategori sesuai bidang studi yaitu UK Fotografi berupa Tes Praktik Fotografi serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara), atau UK Film dan Televisi berupa Tes Praktik Membuat Storyboard serta Tes Pengetahuan dan Wawasan (dalam bentuk wawancara).

f. UK Olahraga berupa Tes Kesehatan dan Tes Keterampilan Motorik.

3 of 4

Jadwal Seleksi SBMPTN 2018

[Bintang] Kalender
Catat jadwal seleksi SBMPTN 2018. (Ilustrasi Foto: cloudfront.net)

Ada dua jadwal seleksi yang harus diikuti. Pelaksanaan Ujian tertuis UTBC dan UTBK akan dilaksanakan pada Selasa, 8 Mei 2018. Sedangkan Ujian Keterampilan akan dilaksanakan pada Rabu dan/atau Jumat, tanggal 9 dan/atau 11 Mei 2018 mendatang.

Pengumuman hasil ujiannya pun sudah terjadwal yaitu pada hari Selasa, 3 Juli 2018 pukul 17.00 WIB. Terkait hasil selsksi SBMPTN 2018 kamu bisa melihatnya di situs http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Lanjutkan Membaca ↓
Tonistuck19Tonistuck19

tuh ayo belajar semua yang mau ikut

Brucewein99Brucewein99

wah udah mulai lagi nih, semangat ya adik-adik

Jacobymanulang002Jacobymanulang002

Kirakira yang kuliah ini kapan keluar jadwalnya ya