Kenaikan Gaji 2018, PNS Disebut Akan Sejahtera

Oleh Lanny Kusumastuti pada 11 Jan 2018, 08:03 WIB
Ilustrasi uang koin (iStock)

Bintang.com, Jakarta Kenaikan gaji 2018 menjadi harapan semua orang, apalagi kalau meningat kebutuhan yang terus meningkat. Isu kenaikan gaji PNS di tahun 2018 pun menjadi angin segar, yang mana hal tersebut ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan.

Asisten Deputi Kesejahteraan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Salman Sijabat telah memastikan akan adanya kenaikan gaji tersebut.

Ilustrasi uang
Ilustrasi uang

Meski begitu, ia tak dapat memastikan apakah kenaikan gaji PNS akan direalisasikan di tahun 2018. "Pasti jadi, tinggal menunggu waktu saja. Karena ini kan amanat UU, bisa segera, besok, lusa, tergantung kondisi politik dan keuangan negara kita," katanya dilansir dari laman Liputan6.

Terkait kenaikan gaji PNS, Salman mengatakan bahwa kini sistem penggajian sudah tidak sesuai. Nantinya akan ada sistem penggajian baru yang diberlakukan, di mana PNs akan menerima gaji lebih besar dibanding tunjanganya.

Good News Today: Kabar Gembira THR, THR PNS, Harga Bawang Turun
Ilustrasi uang. (Sumber Foto: Istimewa)

"Karena memang sistem penggajian sekarang ini tidak sesuai lagi. Gajinya kecil, tunjangan besar. Sehingga nanti di balik gajinya besar, tunjangannya kecil," tutur Salman.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika penaikan gaji pokok bertujuan utnuk meningkatkan kesahteraan PNS saat memasuki masa pensiun. Nantinya sistem penggajian PNS yang akan berlaku adalah gaji pokok lebih besar dari tunjangan, lalu tunjangan yang diberikan sesuai dengan kinerja dan akan menerima uang pensiun lebih besar.