Tips dan Trik Menyetrika Kain Sutra Agar Tak Mudah Bolong

Oleh Cahyu pada 12 Sep 2017, 08:00 WIB
Harus Ekstra Hati-Hati Saat Ingin Menyetrika Kain Sutra yang Tipis. Bagaimana Cara yang Benar?

Bintang.com, Jakarta Menyetrika merupakan pekerjaan rumah tangga yang gampang-gampang sulit. Beragam jenis bahan, model jahitan, dan sablonan, memerlukan penanganan yang berbeda dan untuk bisa melakukannya dengan benar bukanlah hal mudah.

Salah satu jenis bahan yang sulit untuk disetrika adalah kain sutra. Kain dari benang yang berasal dari kepompong ulat sutra ini sangat tipis, lembut, dan halus, sehingga mudah terbakar saat disetrika. Maka dari itu, bahan ini pun harus diperlakukan dengan sangat hati-hati.

Ketika ingin menyetrika kain sutra, lapisi bagian atas dan bawah kain dengan bahan lain. Hal ini untuk menghindari kain bersentuhan langsung dengan setrikaan. Pastikan pula bahan yang melapisi kain sutra tidak lecek agar tidak membuat kain sutra menjadi lebih kusut.

Selain itu, kain sutra yang bermotif sebaiknya dibalik luar dalam saat disetrika agar motifnya tidak rusak saat kena setrikaan.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah jangan menekan setrikaan terlalu dalam saat menyetrika kain sutra. Setrika kain secara lembut dan dalam satu arah. Sebab, jika kain disetrika secara bolak-balik, dapat timbul kerusakan.

Satu hal lagi yang penting untuk diperhatikan saat menyeterika kain sutra adalah mengatur suhu setrikaan. Suhu untuk menyeterika kain sehalus sutra tentu berbeda dengan temperatur untuk bahan setebal jeans. Karena itu, perlu diketahui besaran suhu yang diperlukan untuk beragam jenis bahan.

Menghapal besaran suhu untuk sekian banyak bahan memang bukan pekerjaan mudah. Beruntung, sekarang sudah ada setrikaan yang semakin memudahkan pekerjaan kita. Sekarang ini, terdapat setrika uap yang mampu menyetrika berbagai jenis bahan tanpa harus diatur suhunya terlebih dahulu. Contohnya, Philips PerfectCare Steam Iron GC3920.
Harus Ekstra Hati-Hati Saat Ingin Menyetrika Kain Sutra yang Tipis. Bagaimana Cara yang Benar?
Setrika tersebut telah dilengkapi teknologi OptimalTemp yang mampu memberikan kombinasi suhu dan uap efektif untuk semua jenis bahan, mulai dari sutra hingga jeans. Anda pun tak perlu lagi mengutak-atik dan mengatur suhu agar sesuai dengan jenis bahan yang ingin disetrika.

Selain itu, setrikaan Philips PerfectCare Steam Iron GC3920 menyemburkan uap secara terus menerus (45g/menit). Jumlah uap yang dikeluarkan pun efektif untuk menghilangkan semua kerutan yang ada di pakaian. Jika masih ada kusut yang belum bisa hilang, Anda bisa menekan tombol bertanda uap untuk mengeluarkan uap lebih banyak (180/g).

Tak hanya itu, setrikaan tersebut dapat mati secara otomatis jika dibiarkan di atas tapak setrika atau diletakkan menyamping selama dua menit. Listrik pun akan lebih hemat dan kain jadi tidak mudah terbakar.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang Philips PerfectCare Steam Iron GC3920, Anda bisa mengunjungi situs web https://www.philips.co.id/id/c-m-ho/menyetrika

Jadi, sekarang sudah tak pusing lagi kan saat harus menyetrika kain sutra? #NoBurnNoWorry


(Adv)

Villa PutihVilla Putih

Wah sederhana yah saya suka di lapisin sama kain puring buat semua pakaian yang saya setrika berguna juga supaya ngak megkilat juga ke pakaian apalagi celana ... tipsnya bagus banget

Ajengrahayu006Ajengrahayu006

Kalau masih suka bolong juga ke laundry aja