Ini Alasan Joshua Suherman Dilaporkan ke Polisi

Oleh Anto Karibo pada 09 Jan 2018, 20:53 WIB
[Bintang] Joshua Suherman

Bintang.com, Jakarta Lelucon yang dilontarkan oleh Joshua Suherman dianggap mengandung unsur penistaan agama. Karenanya, Forum Umat Islam Bersama (FUIB) pun mendatangi Bareskrim Mabes Polri guna melaporkan mantan artis cilik itu.

Menurut Ketua Umum FUIB, Rahmat Himran laporan yang akan dibuatnya ini berkaitan dengan materi stand up comedy yang dilakukan oleh Joshua baru-baru ini. Pihak FUIB menyatakan bahwa Joshua telah melecehkan agama Islam.

 

[Bintang] Joshua Suherman
Karena dianggap menistakan agama, FUIB melaporkan Joshua Suherman ke Bareskrim Mabes Polri. (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Forum Umat Islam Bersatu dengan ini datang ke Bareskrim Mabes Polri untuk melaporkan Joshua Suherman terkait dugaan penistaan agama. Agama kami dilecehkan oleh beliau," kata Rahmat Himran di Bareskrim Mabes Polri, kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2018).

Beberapa alasan kenapa pihaknya melaporkan Joshua salah satunya adalah kalimat yang membandingkan kesuksesan Annisa Rahma yang beragama Islam dengan Cherly yang beragama non Islam.

 

[Bintang] Joshua Suherman
Joshua Suherman (Nurwahyunan/bintang.com)

"Kalimat terakhir yang membandingkan Annisa dengan Cherly. Dia katakan Annisa unggul karena muslim, dan dia bilang di negara ini yang tidak bisa dikalahkan ya yang mayoritas," ujar Rahmat Himran.

Menurut Rahmat Himran, pembandingan tersebut membuat umat Islam tersinggung. "Ini yang membuat umat Muslim geram. Dia kan membandingkan Islam sebagai mayoritas, jadi termasuk isu SARA," tegas Rahmat Himran.

Rahmat melanjutkan, dengan adanya unsur-unsur pendukung tersebut, Joshua Suherman diduga telah melakukan tindak pelecehan dan penghinaan terhadap agama karena melanggar Pasal 27 ayat (3) dan Pasal 28 ayat (2) UU ITE.