Soal Gugatan Cerai Ahok, Ini Kata Najwa Shihab

Oleh Anto Karibo pada 08 Jan 2018, 22:24 WIB
[Bintang] Najwa Shihab

Bintang.com, Jakarta Publik maya kembali ramai dengan beredarnya kabar mengenai gugatan cerai Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kepada istrinya, Veronica Tan. Sempat dikira hoax, namun pada kenyataannya kabar tersebut benar adanya. Isu ini juga didengar oleh Najwa Shihab. Apa kata presenter Mata Najwa untuk hal ini?

Terkait dengan ramainya pemberitaan tentang gugatan cerai Ahok tersebut, Najwa Shihab memberikan tanggapannya. Menurutnya, perceraian merupakan ranah pribadi yang tak layak dijadikan bulan-bulanan pemberitaan. "Itu private ya, bukan konsumsi publik jadi saya prihatin dan seharusnya itu jadi ranah privat Ahok," kata Najwa Shihab usai preskon program Mata Najwa di Menara Bank Mega, Jakarta Selatan, Senin (8/1/2018).

Bagi Najwa, masih banyak isu penting menyangkut negeri yang harus diperhatikan seperti pilkada, money politik, mahar politik, soal hukum Novel Baswedan yang sudah beberapa bulan ini tidak jelas, dan lainnya.

"Ada begitu banyak isu yang seharusnya diperhatikan, dan itu tugas wartawan untuk mengangkat isu yang penting dan tidak mengaburkan isu-isu tersebut dengan isu yang sebenarnya kurang baik," imbuhnya.

Sebagai wartawan, ia berharap media-media di Indonesia bukan ikut memberitakan rumor, hoax, apalagi fitnah. Ia mengajak kepada semua untuk melihat masalah secara lurus, bukan hanyut dalam isu yang mengaburkan hal yang lebih penting apalagi jika dikaitkan dengan politik.

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Veronica Tan
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bersama Veronica Tan ketika Pemilihan Umum Legislatif, 9 April 2014 silam. Ahok melayangkan gugatan cerap kepada Veronica saat dirinya hampir 8 bulan mendekam di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terkait soal Ahok yang menggugat cerai Veronica Tan menurut Najwa hal itu tak perlu dibahas. Ia lebih suka wartawan membahas hal-hal penting yang menyangkut hajat hidup orang banyak. "Kalau bicara politisi, pasti akan banyak rumor yang beredar ya, justru tugas kita untuk melihatnya secara lurus saja. Kalau kemudian kita ikut hanyut dalam berbagai rumor, hoax dan fitnah menurut saya justru kita jadi penyebar dan bukan pengobat. Itu tantangan kita untuk membuat hal penting menjadi menarik sehingga publik melihat itu penting," tukas Najwa Shihab.

ASFAN SYUFAINALASFAN SYUFAINAL

Bagi yang suka membaca kisah 1001 malam pasti akan teringat dengan Abu Nawas yang pernah menceraikan istrinya untuk mengakali raja dalam rangka menyelamatkan hartanya.