Lama Idap Glaukoma, Rano Karno Lepas Rindu ke Aminah Cendrakasih

Oleh Komarudin pada 12 Okt 2017, 17:30 WIB
[Bintang] Rano Karno

Bintang.com, Jakarta Kerinduan terhadap sosok seorang ibu, rupanya melanda hati Rano Karno. Di tengah kesibukannya, ia bertandang ke kediaman Aminah Cendrakasih. Pemeran Mak Nyak yang juga ibu dari Rano dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan itu sejak lama menderita glaukoma hingga membuatnya tak dapat melihat.

"Hari ini kite @mandra_ys & @sutykarno27 ke rumah enyak melepas rindu.. sehat terus yak nyak," tulis Rano, Rabu (11/10/2017).

Dalam foto yang diunggahnya, Rano tak sendiri. Ia datang bersama adiknya, Suty Karno dan sahabatnya, Mandra. Mengenakan jas hitam, mereka foto bersama.

Rano terlihat menggenggam tangan kanan Aminah, sedangkan Suty yang tenar dengan Atun itu menggenggam tangan kiri Aminah. Di tengah-tengah, Aminah terlihat terbaring lemah. Tubuh perempuan berhijab itu dibalut selimut putih.

Menurut penuturan anak keenam, awalnya tahun 2007, terjatuh dikamar mandi. Dengkulnya geser dan tulang iga retak. Setelah sehat, Aminah kembali jatuh di kamar mandi. Setelah itu, Mak Nyak penglihatannya juga mulai bermasalah. (Adrian Putra/Bintang.com)

Foto yang diposting Rano Karno tersebut kemudian diposting ulang oleh Mandra. Netizen mendoakan Aminah Cendrakasih cepat sembuh. Tak hanya mendoakan, netizen juga mengaku kangen dengan sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang mereka bintangi.

1 of 3

Glaukoma

Kehadiran Rano Karno, Mandra, dan Suty Karno jadi memacu semangat Aminah Cendrakasih. Sejak 10 tahun lalu kondisi kesehatannya mengalami penurunan. Hari-harinya dilalui dengan berbaring.

"Total 10 tahun, tapi yang benar-benar nggak bisa (melihat dan beraktivitas) sama sekali itu sudah hampir 5 tahun. Selama itu benar-benar di kasur hari-harinya. Subuh saya mandiin, sore saya mandiin. Tapi alhamdulillah badannya masih mulus, masih bersih, ibu malah sekarang sehat," ungkap Lala, anak keenam Aminah Cendrakasih, saat berbincang dengan Bintang.com, Juli 2017 lalu.

2 of 3

Karier

Aminah Cendrakasih lahir di Magelang, Jawa Tengah, 29 Januari 1938. Namanya sangat populer saat berperan sebagai Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Ia merupakan anak dari aktris senior almarhumah Wolly Sutinah.

Aminah Cendrakasih hanya bisa melakukan aktivitas di atas tempat tidur. (Foto: Adrian Putra, DI: Muhammad Iqbal Nurfajri/Bintang.com)

Selama berkarier dalam dunia seni peran, Aminah Cendrakasih telah membintangi puluhan film layar lebar. Beberapa di antaranya, Benyamin Raja Lenong, Itu Bisa Diatur, Yang Masih di Bawah Umur, Lebih Asyik Sama Kamu.

 

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓