Winda Viska: Virus Wanna Cry Rugikan Orang Banyak

Oleh Anto Karibo pada 16 Mei 2017, 08:30 WIB
[Bintang] Winda Viska

Bintang.com, Jakarta Winda Viska kesal. Sebuah virus komputer yang bernama Ransomware Wannacry membuat kalang kabut banyak pihak. Virus yang menyerang komputer ini telah berhasil menginfeksi beberapa instansi di 100 negara di dunia.

Indonesia pun terkena dampaknya. Dua rumah sakit besar yaitu RS Dharmais dan RS Harapan Kita lumpuh karena serangan virus tersebut. Kejadian ini membuat Winda Viska mengelus dada. Menurutnya, hal ini sudah sangat merugikan.

"Karena kan rumah sakit ya. Kasihan ya, dari segi administrasi pasti repot. Pemasukan data, terus soal BPJS, cari datanya kan pasti terganggu banget," kata Winda Viska kepada Bintang.com, Senin (15/5).

"Agak bingung aja kenapa yang kena rumah sakit. Itu kan tempat orang sakit. Kalau di tempat lain, misal komputer di mall kan masih mending. Di rumah sakit kan urgen, harus ngantri gara-gara administrasi kan kasihan," ujarnya.

Winda sendiri tak mengalami imbas langsung dari jenis malware tersebut. Pasalnya, dalam keseharian dirinya tak tergantung pada penggunaan laptop.
"Yang benar-benar kejadian di sekeliling aku sih gak yah. Karena aku kan bukan pengguna laptop dalam keseharian," lanjutnya.

Winda Viska jadi salah satu penampil di acara Fiesta Muzik 2015 (Foto: Wimbarsana/Bintang.com)

"Grup whatsapp juga nggak terlalu ngebahas, nggak booming gitu sih. Suami juga nggak berimbas. Ayahku kan di rumah sakit, tapi nggak ada berita begituan juga sih. Kayaknya hanya di dua rumah sakit itu. Nggak berimbas pada orang-orang yang ga berkepentingan," imbuh Winda.

Namun, Winda menghimbau kepada siapapun pihak yang menyebarkan virus tersebut agar menyadari aksinya bisa merugikan banyak orang tak bersalah. Ia pun berharap agar instansi yang terkena dampak bisa cepat mengatasinya.

"Siapapun yang nyebarin, entah maksudnya apa, iseng atau niat, ya mbok lebih pakai hati. Tapi mana ada kejahatan pakai hati yah, cuman bingung juga yah. Mudah-mudahan bisa cepat teratasi ya. Soalnya yang alami kerugian juga pasti banyak," tandas Winda Viska.